Rabu, 25 April 2012

SISTEM PEMASARAN PRODUK


   Pangsa pasar dari PT Indesso Aroma yang merupakan pasar internasional yang biasanya sangat sensitif terhadap mutu produk, memaksa perusahaan ini untuk bekerja keras menjamin mutu produk yang dihasilkan.Dalam melakukan penawaran suatu produk, Sales atau marketing merancang strategi produk melalui apa yang kita kenal dengan segmentasi, targeting dan positioning (STP). STP itu lalu diwujudkan dalam marketing mix yang terdiri dari product, price, place and promotion (4P).


   Perubahan dari empat P bauran pemasaran (Marketing Mix) yaitu terdiri Product, Price, Place, Promotion yang mewakili pandangan dari sisi perusahaan, menjadi empat C yang memandang dari sisi pelanggan.
Empat C adalah :
Customer need and wants (kebutuhan dan keinginan pelanggan) atau lebih tepatnya Customer Solution (penyelesaian masalah yang dihadapi pelanggan)
Bukan cuma produknya, tetapi hasil yang dicapai oleh produk tersebut, produk hanya sebagai alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
Cost of Fulfillment (Biaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan / menyelesaikan masalah tersebut)
Bukan cuma harga tetapi semua biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan.

Convenience ( kenyamanan dan kemudahan memperolehnya)
Merupakan segala upaya bagi pelanggan dalam memperolehnya dengan mudah dan nyaman.
Communication (Komunikasi antara pelanggan dan organisasi)
Merubah konsep dari promosi satu arah, menjadi komunikasi dua arah antara konsumen dengan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar